Monday 2 January 2017

tujuan manfaat serta aktifitas penilaian pengendalian manajemen

audit kelapa sawit 3

A. Tujuan penilaian pengendalian
Tujuan evaluasi sistem penilaian pengendalian (SPM) adalah untuk lebih mendalami, memantapkan, memperjelas, sasaran audit yang pertama yaitu yang diperoleh dari pendahuluan/survey audit, namun sasaran tersebut masih terlalu global sehingga masih belum cukup untuk menentukan scope, arah dan audit rinci atau lamanya waktu audit.oleh sebab itu masih diperlukan tahapan-tahapan pengujian melaui kegiatan ini.

B. Manfaat evaluasi sistem pengendalian manajemen 
Manfaat dari kegiatan ini yaitu :
  1. Menghindari atau mengurangi terjadinya resiko audit.
  2. Dasar untuk menentukan arah/sasaran audit, cakupan audit, sifat/jenis audit dan lamanya audit.
  3. Mempercepat proses kegiatan audit karena sudah lebih terarah.
C. Aktivitas yang dilaksanakan
  • Waktu dan tempat dilaksanakan : ideal dilakukan tempat/kantor auditor sebelum kegiatan audit dilaksanakan dilapangan, namun mempertimbangkan kondisi informasi data apakah mewakili dilakukan dikantor auditor atau tidak mewakili. 
  • Kegiatan evaluasi Sistem pengendalian Manajemen :  yaitu pertama mengumpulkan semua informasi aturan atau prosedur dan kedua menelaah serta menguji aturan tersebut, apakah terdapat kelemahan atau tidak cara mengujinya yaitu dengan melihat siapa saja yang terlibat, dengan cara apa, biaya berapa, berapa lama dan apakah ada pihak yang dirugikan. yang pada intinya menelaah efektif, efisien, aman dan win-win solution bagi semuanya. berikut kegiatan yang dilakukan biasanya menggunakan Internal Control Questionare (ICQ), Flow chart atau alur proses, narasi atau gambaran proses. dan yang ketiga Membuat kesimpulan hasil dari pengujian sebagai dasar pengujian audit lebih rinci biasanya kesimpulan yang didapat yaitu apakah kondisi sama dengan kriteria yang ditetapkan, apakah kondisi bisa menjadi contoh bagi proses lain atau organisasi lain, dan apakah kondisi menyimpang dari kriteria.
  • Tahapan evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen : Tahapan adalah dengan merumuskan tujuan pengujian SPM, menyusun program evaluasi pengujian, melaksanakan program kerja pengujian SPM, menyusun kertas kerja audit dan mebuat kesimpulan.
D. Hasil evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen (SPM)
Hasil dari evaluasi SPM adalah :
  1. Kertas Kerja Audit (KKA) yang meringkas informasi Sistem pegendalian Manajemen (SPM) merupakan rujukan untuk membuat laporan hasil audit (LHA) untuk menilai suatu proses atau organisasi.
  2. Kertas Kerja Audit (KKA) berisi mengenai rekomendasi perbaikan SPM dengan tujuan memperbaiki kelemahan-kelemahan suatu prosedur atau organisasi.
  3. Daftar tujuan audit tetap (Audit Objective) yaitu daftar tujuan dilakukan audit berbasis pada resiko-resiko yang belum dikendalikan secara efektif dan efisien, yang biasanya disusun berdasarkan skala prioritas material atau prioritas yang mempunyai nilai kerugian terbesar.
E. Program kerja auditor. 
Merupakan rancangan atau cara auditor akan melakukan kegiatan audit untuk mencapai tujuan audit, yang biasanya disiapkan oleh ketua team (team leader) yang direview kembali oleh pimpinan untuk disetujui. dimana program kerja kita analogikan sebagai sebuah peta bagi pelancong akan memandu jalan sampai ketujuan.

Mungkin demikian dulu ulasan secara umum dari kami, pada artikel selanjutnya kami akan membahas lebih detail mengenai apa itu Kertas Kerja Audit (KKA), Program Kerja Audit (PKA), Laporan Hasil Audit (LHA) dll. terima kasih telah membaca dan meberikan saran dan masukan artikel ini.

No comments:

Post a Comment